Kurikulum Sekolah Pribadi Depok

Kurikulum Sekolah Pribadi Depok

Kurikulum merupakan sebuah kerangka utama dimana tujuan pendidikan akan dicapai oleh sekolah. Seiring perkembangan zaman yang sangat pesat sekolah dihadapkan pada sebuah tantangan yang besar. Sebuah tantangan untuk menyiapkan anak didik untuk bisa menyongsong masa depan dengan cerah. Dari sinilah kompetensi dan kelayakan sekolah dipertaruhkan.

 

Teknologi berkembang sangat pesat, sekolah harus mampu menyelaraskan proses pendidikan dengan kemajuan teknologi yang berkembang. Jika semua itu berjalan dengan selaras maka akan dihasilkan generasi yang tangguh untuk menopang bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“If we teach today’s students as we taught yesterday’s,
we rob them of tomorrow.”

(Jika kita mendidik siswa kita sekarang seperti yang diajarkan kemarin,
berarti kita merampas masa depan mereka.)”

John Dewey

Sebuah ungkapan yang sangat menarik untuk kita ulas. Bahwa sekolah harus benar-benar melakukan inovasi yang berkesinambungan demi mencapai tujuan pendidikan yang sempurna. Sekolah Pribadi berusaha menghadirkan inovasi-inovasi dalam hal pendidikan dalam upaya untuk mempersiapkan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Sekolah Pribadi menerapkan kurikulum yang mencakup kebutuhan siswa-siswa dimasa yang akan datang. Penerapan kurikulum Cambridge untuk beberapa mata pelajaran diantaranya Bahasa Inggris, Matematika dan Sains merupakan langkah yang sangat tepat untuk mempersiapkan anak didik dalam persaingan di tataran global. Kemajuan teknologi bisa menjadi sarana pembelajaran yang sangat efektif jika digunakan secara tepat dan profesional. Sekolah Pribadi Depok menjadikan kelasnya sebagai Digital Classroom dengan dukungan dari Google for Education dan platform menarik yang lain sebagai bagian dari digital learning di dalam maupun di luar kelas. Selain itu laboratorium Fisika, Kimia dan Biologi juga dilengkapi dengan Smartboard agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif, interaktif dan menyenangkan. Berikut adalah kurikulum yang diterapkan di Sekolah Pribadi:

SD
Cambridge      Bahasa Inggris, Matematika, Sains
Nasional          Pelajaran lainnya

 

SMP
Cambridge      Bahasa Inggris, Matematika, Sains
Nasional          Pelajaran lainnya

 

SMA
Menerapkan kurikulum nasional

Pelajaran Bahasa Inggris, Matematika dan Sains menggunakan sumber-sumber materi dari Cambridge yang sudah diselaraskan dengan kurikulum nasional.

 

Sesuai dengan Visi dan Misi yang dikembangkan Sekolah Pribadi yaitu menyelaraskan kebutuhan akademik dan pendidikan karakter siswanya, Sekolah pribadi menjalankan berbagai program yang sangat menunjang untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan jumlah maksimum 24 siswa per kelas, penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, budaya sekolah dan masyarakat diharapkan dapat membentuk individu siswa yang berkarakter dan berkompeten. Dengan demikian hasil yang diharapkan berdasarkan “Olah Pikir”, siswa memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan menjadi pembelajar sepanjang hayat; “Olah Hati”, siswa memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa; “Olah Rasa”, siswa yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan; “Olah Raga” siswa yang bugar dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

“Jadilah tanah, agar kamu menumbuhkan mawar:
tak ada selain tanah yang menumbuhkan mawar”

Syeh Sadi Syirazi

Tidak hanya mengajar, tetapi Sekolah Pribadi berusaha menjadi inspirasi yang sangat ideal buat anak-anak didik yang mengenyam pendidikan di dalamnya. Seluruh civitas di lingkungan pribadi berusaha untuk selalu menjadi insan yang berguna bagi orang lain. Nilai-nilai karakter ini terus dikembangkan dan diajarkan kepada anak-anak didik dengan cara memberikan teladan yang baik. Dengan sistem keteladanan yang diterapkan dirasakan sangat efektif untuk dapat diikuti dan dilakukan oleh anak didik kita.

 

Sebagai sekolah internasional terbaik di Depok semoga Sekolah Pribadi akan terus maju dan mampu menyelaraskan kemampuan akademik dan karakter anak-anak didiknya sehingga di masa yang akan datang akan lahir sebuah generasi tangguh yang berakhlak mulia untuk menopang masa depan bangsa Indonesia yang cerah.

Character Building
Share this article

Leave a comment