Site icon PRIBADI SCHOOL DEPOK

PEKAN BAHASA 2023: Mengenal Asal-Usul Bahasa Indonesia

Sekolah Pribadi Depok memasuki Pekan Bahasa 2023, yang diperingati dari tanggal 16-31 Oktober 2023. SD-SMP-SMA Pribadi mencoba menggalakan kembali literasi dengan menumbuhkan minat membaca di kalangan siswanya, melalui berbagai macam kegiatan. Diantaranya: Pribadi Festival Seni Budaya untuk siswa SMP-SMA dan Membaca Nyaring untuk siswa SD Pribadi Depok. 

Indonesia dikenal memiliki keragaman bahasa yang sangat besar. Beberapa di antaranya adalah Jawa, Sundanese, Madura, Minangkabau, dan bahasa-bahasa lain yang digunakan di berbagai wilayah di Indonesia. Mencoba menelaah kembali Bahasa Indonesia sebagai bahasa Ibu dan atau bahasa pemersatu bangsa dan atau Bahasa resmi negara Indonesia. Bahasa Indonesia adalah salah satu varian Bahasa Melayu yang telah distandarisasi dan diadopsi sebagai bahasa nasional. 

Bahasa Indonesia berasal dari keluarga bahasa Austronesia yang memiliki akar sejarah yang panjang di wilayah kepulauan Indonesia. Sejarah bahasa Indonesia melibatkan beberapa tahapan perkembangan yang penting, yakni:

  1. Pengaruh Bahasa Melayu: Bahasa Indonesia memiliki akar sejarah yang kuat dalam Bahasa Melayu Klasik, yang digunakan dalam perdagangan dan interaksi budaya di seluruh wilayah Nusantara (wilayah Indonesia sekarang) sejak zaman kuno. Bahasa Melayu Klasik digunakan dalam aktivitas perdagangan, sejarah, dan sastra.

  2. Kolonialisasi Belanda: Selama masa kolonialisasi oleh Belanda, Bahasa Melayu menjadi bahasa utama yang digunakan dalam administrasi kolonial dan juga mendapat pengaruh dari bahasa Belanda.

  3. Pembentukan Bahasa Indonesia: Proses standarisasi Bahasa Indonesia dimulai pada awal abad ke-20. Komite Bahasa Indonesia (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa) mulai menyusun aturan tata bahasa dan kamus untuk Bahasa Indonesia. Tujuan utamanya adalah menciptakan bahasa persatuan yang dapat digunakan oleh seluruh penduduk Indonesia yang beragam bahasa daerahnya.

  4. Deklarasi Kemerdekaan: Pada 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dan Bahasa Indonesia diadopsi sebagai bahasa resmi dan nasional negara yang saat itu baru merdeka.

  5. Penggunaan Resmi: Bahasa Indonesia terus dikembangkan dan digunakan secara resmi dalam berbagai konteks, termasuk pemerintahan, pendidikan, media, dan komunikasi bisnis. Bahasa Indonesia digunakan sebagai alat untuk mempersatukan berbagai kelompok etnis dan budaya di seluruh Indonesia.

Tahapan perkembangan tersebut menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan nasional Indonesia, serta menjadi bahasa persatuan yang mendukung identitas nasional dan kesatuan dalam keragaman budaya Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi salah satu alat penting dalam berkomunikasi dan memahami satu sama lain di seluruh negeri ini dalam lingkup dan berbagai konteks, termasuk pemerintahan, pendidikan, media, dan komunikasi sehari-hari. Hal ini memungkinkan berbagai suku dan kelompok etnis yang beragam di Indonesia untuk berkomunikasi dengan mudah di antara mereka. Bahasa Indonesia adalah salah satu faktor penting dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam negara yang memiliki lebih dari 700 bahasa daerah yang berbeda.

Exit mobile version