Site icon PRIBADI SCHOOL DEPOK

Science Project Club Pribadi Depok

Science project club adalah klub  yang mewadahi siswa untuk mengeksplor sains dan  teknologi dalam rangka  mencari solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kegiatan dalam science project ini sejalan dengan  kurikulum 2013 yang mendorong adanya Project based learning atau pembelajaran  berbasis proyek.   Dalam Science project club ini siswa dapat mengasah keterampilan komunikasi dan presentasi, keterampilan manajemen organisasi dan waktu, keterampilan penelitian dan penyelidikan, keterampilan  kepemimpinan dan  yang tak kalah penting adalah  keterampilan berpikir kritis. Dalam Science project club ini siswa juga diajak untuk membudayakan berpikir tingkat tinggi ( high order thinking /HOT) untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di sekitar mereka. Guru pembimbing akan membantu siswa untuk menemukan topik yang tepat, membimbing siswa untuk membuat karya tulis yang sesuai dengan kaidah ilmiah dan bagaimana siswa melakukan penelitian dengan tahapan yang benar. Siswa akan  dibimbing untuk  mempersiapkan presentasi yang menarik yang nantinya akan  ditampilkan di berbagai kompetisi proyek ilmiah baik nasional maupun internasional.  Adapun  bidang yang dapat dipilih siswa  adalah  fisika, kimia, biologi, teknologi, dan  lingkungan.

Pengalaman Belajar dan Kompetensi yang didapat dari  mengikuti kegiatan Science project club dapat dihubungkan dengan kompetensi Abad 21 yang sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk menghadapi masa depan. Kompetensi tersebut disingkat menjadi 4C yaitu : creative ( berpikir kreatif, collaborative ( bekerjasama), communication ( berkomunikasi), critical thinking ( berpikir kritis).  Pengalaman belajar peserta didik selama pelaksanaan model pembelajaran project based learning antara lain peserta didik diajak untuk mencoba mencari akar penyebab dari  masalah-masalah mulai dari  dalam kehidupan mereka sehari hari sampai permasalahan global.  Peserta didik berlatih berpikir logis, kritis, dan detail, berfikir tentang detil pekerjaan yang harus dilakukan, berfikir asosiatif yakni menghubungkan satu aspek pekerjaan dengan pekerjaan lainnya, berpikir tentang urutan waktu, belajar membagi tugas sesuai minat. Kaitan antara kegiatan kegiatan dalam science project club, pengalaman  belajar, serta  kompetensi abad 21 yang dilatih dalam  kegiatan tersebut dapat dilihat dalam tabel dibawah ini:

Kegiatan dalam Science Project Club

Pengalaman Belajar

Kompetensi abad 21

Pengenalan Masalah (Penentuan Pertanyaan mendasar

  1. Guru pembimbing membantu peserta didik untuk memilih topik yang sesuai   
  2. Membangun kemampuan peserta didik dalam menghubungkan kejadian yang tejadi di sekitarnya dengan topik yang dibahas
  1. Critical thinking (mendorong berfikir kritis mencari jawaban dari pertanyaan yang diberikan.

2.  IQ, SQ, dan  EQ

Penyusunan rancangan  project

  1. Mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok kerja
  2. Guru pembimbing memfasilitasi kolaborasi antar peserta didik untuk membangun kerjasama n 
  3. Membangun kerjasama sesama peserta didik
  4. Membangun komunikasi antar peserta didik
  5. Melibatkan peserta didik dalam proses perencanaan
  6. Menentukan dan menemukan rancangan project sendiri

1      Critical thinking

2.       Creative

3.       Collaboration

4.    Communication

Penyusunan rencana kerja

  1. Mengembangkan kemampuan penyelidikan otentik.
  2. Mengidentifikasi masalah nyata
  3.  Mencari sumber informasi

1.     Critical thinking

2.     Creative

3.      Collaboration

4.    Communication

Pelaksanaan dan Monitoring project

  1. Memiliki pengalaman untuk melakukan penyelidikan (mencoba)
  2.  Mendiskusikan
  3.  Mengkomunikasikan
  4. Menumbuhkan kemampuan menganalisis (menemukan sendiri hubungan antara kondisi nyata dengan permasalahan yang dihadapi)
  5. Membangun sikap berbagi dan kekerjasama
  6. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi
  7. Memumbuhkan kemampuan membuat keputusan
  8. Memanfaatkan media dan sumber (TIK)

1.       Critical thinking Mendiskusikan 11.

1.   Critical thinking

2.    Creative

3.     Collaboration

4.    Communication

 

Pengujian hasil dan presentasi

  1. Menyusun bahan presentasi
  2. Menyampaikan hasil project (presentasi menggunakan media/TIK)
  3. Menjawab pertanyaan saat diskusi
  4. Mengembangkan kemampuan menampilkan hasil karya (menggunakan media/TIK)
  5.  Mengemas produk
  6. Mendokumentasikan tahapan projek (memanfaatkan TIK)
  7. Menampilkan produk (menggunakan media/TIK)

1.     Collaboration

2.     Creative

3.    Communication

Berikut ini adalah prestasi-prestasi science project yang pernah diraih oleh siswa Pribadi Depok:

NO

NAMA SISWA

MEDALI

KOMPETISI

NEGARA

JENJANG

TAHUN

1

KAMIL RASJID

EMAS

IYIPO

KAZAKHSTAN

SMA

2006

2

ARIO GURITNO

EMAS

INEPO-EUROSIA

AZERBAIJAN

SMA

2007

3

YURGEN ALIFIA

PERUNGGU

I-SWEEP

AMERIKA

SMA

2008

4

M. IRRONANDA KURNIA

EMAS

ICPO

TURKMENISTAN

SMA

2009

6

REZA DWI AJI

PERAK

I-SWEEP

AMERIKA

SMA

2009

7

LUTHFI RAIS

PERAK

I-SWEEP

AMERIKA

SMA

2009

8

RAHMAT HIDAYAT

PERAK

IYIPO

GOERGIA

SMA

2009

9

M IQBAL IBRAHIM

EMAS

IJSO

NIGERIA

SMP

2010

10

ARIA PURWASATYA SALIM

PERUNGGU

 

IJSO

ARGENTINA

SMP

2014

11

DAFFA ALMER FAUZAN

SILVER

INFOMATRIX

ROMANIA

SMA

2018

12

M. RICKY SAFARULLAH

SILVER

INFOMATRIX

ROMANIA

SMA

2018

13

HANIF ARIFIANTO

SILVER

ISPO

INDONESIA

SMA

2018

14

MUHAMMAD EMIN UḈKUN

SILVER

ISPO

INDONESIA

SMA

2018

Exit mobile version