Science project club adalah klub yang mewadahi siswa untuk mengeksplor sains dan teknologi dalam rangka mencari solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kegiatan dalam science project ini sejalan dengan kurikulum 2013 yang mendorong adanya Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek. Dalam Science project club ini siswa dapat mengasah keterampilan komunikasi dan presentasi, keterampilan manajemen organisasi dan waktu, keterampilan penelitian dan penyelidikan, keterampilan kepemimpinan dan yang tak kalah penting adalah keterampilan berpikir kritis. Dalam Science project club ini siswa juga diajak untuk membudayakan berpikir tingkat tinggi ( high order thinking /HOT) untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di sekitar mereka. Guru pembimbing akan membantu siswa untuk menemukan topik yang tepat, membimbing siswa untuk membuat karya tulis yang sesuai dengan kaidah ilmiah dan bagaimana siswa melakukan penelitian dengan tahapan yang benar. Siswa akan dibimbing untuk mempersiapkan presentasi yang menarik yang nantinya akan ditampilkan di berbagai kompetisi proyek ilmiah baik nasional maupun internasional. Adapun bidang yang dapat dipilih siswa adalah fisika, kimia, biologi, teknologi, dan lingkungan.
Pengalaman Belajar dan Kompetensi yang didapat dari mengikuti kegiatan Science project club dapat dihubungkan dengan kompetensi Abad 21 yang sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk menghadapi masa depan. Kompetensi tersebut disingkat menjadi 4C yaitu : creative ( berpikir kreatif, collaborative ( bekerjasama), communication ( berkomunikasi), critical thinking ( berpikir kritis). Pengalaman belajar peserta didik selama pelaksanaan model pembelajaran project based learning antara lain peserta didik diajak untuk mencoba mencari akar penyebab dari masalah-masalah mulai dari dalam kehidupan mereka sehari hari sampai permasalahan global. Peserta didik berlatih berpikir logis, kritis, dan detail, berfikir tentang detil pekerjaan yang harus dilakukan, berfikir asosiatif yakni menghubungkan satu aspek pekerjaan dengan pekerjaan lainnya, berpikir tentang urutan waktu, belajar membagi tugas sesuai minat. Kaitan antara kegiatan kegiatan dalam science project club, pengalaman belajar, serta kompetensi abad 21 yang dilatih dalam kegiatan tersebut dapat dilihat dalam tabel dibawah ini:
Kegiatan dalam Science Project Club | Pengalaman Belajar | Kompetensi abad 21 |
Pengenalan Masalah (Penentuan Pertanyaan mendasar |
|
2. IQ, SQ, dan EQ |
Penyusunan rancangan project |
| 1 Critical thinking 2. Creative 3. Collaboration 4. Communication |
Penyusunan rencana kerja |
| 1. Critical thinking 2. Creative 3. Collaboration 4. Communication |
Pelaksanaan dan Monitoring project |
| 1. Critical thinking Mendiskusikan 11. 1. Critical thinking 2. Creative 3. Collaboration 4. Communication
|
Pengujian hasil dan presentasi |
| 1. Collaboration 2. Creative 3. Communication |
Berikut ini adalah prestasi-prestasi science project yang pernah diraih oleh siswa Pribadi Depok:
NO | NAMA SISWA | MEDALI | KOMPETISI | NEGARA | JENJANG | TAHUN |
1 | KAMIL RASJID | EMAS | IYIPO | KAZAKHSTAN | SMA | 2006 |
2 | ARIO GURITNO | EMAS | INEPO-EUROSIA | AZERBAIJAN | SMA | 2007 |
3 | YURGEN ALIFIA | PERUNGGU | I-SWEEP | AMERIKA | SMA | 2008 |
4 | M. IRRONANDA KURNIA | EMAS | ICPO | TURKMENISTAN | SMA | 2009 |
6 | REZA DWI AJI | PERAK | I-SWEEP | AMERIKA | SMA | 2009 |
7 | LUTHFI RAIS | PERAK | I-SWEEP | AMERIKA | SMA | 2009 |
8 | RAHMAT HIDAYAT | PERAK | IYIPO | GOERGIA | SMA | 2009 |
9 | M IQBAL IBRAHIM | EMAS | IJSO | NIGERIA | SMP | 2010 |
10 | ARIA PURWASATYA SALIM | PERUNGGU
| IJSO | ARGENTINA | SMP | 2014 |
11 | DAFFA ALMER FAUZAN | SILVER | INFOMATRIX | ROMANIA | SMA | 2018 |
12 | M. RICKY SAFARULLAH | SILVER | INFOMATRIX | ROMANIA | SMA | 2018 |
13 | HANIF ARIFIANTO | SILVER | ISPO | INDONESIA | SMA | 2018 |
14 | MUHAMMAD EMIN UḈKUN | SILVER | ISPO | INDONESIA | SMA | 2018 |