Program Literasi

Program Literasi

Aktivitas membaca, adalah aktivitas yang memiliki manfaat sangat banyak terutama untuk meningkatkan wawasan dan memperbanyak perbendaharaan kata. Kedua manfaat ini, sangat diperlukan untuk menghadapi zaman yang semakin maju dan mempersiapkan peserta didik untuk dapat bersaing di revolusi industri 4.0. Namun, fakta di lapangan berkata lain, UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Dengan latar belakang tersebut, Sekolah Pribadi Bilingual Boarding School Depok memiliki program literasi di sekolah bagi para siswa-dan siswinya. Dengan program yang diberi nama Silent Reading, siswa dan siswi tak terkecuali bapak dan ibu  guru, akan membaca buku selama kurang lebih 15 menit yang dilakukan setiap harinya. Para siswa dan siswi pun dengan penuh semangat membawa buku bacaan yang dibawa dari rumah masing – masing. Jenis buku bacaan yang dibaca siswa dan siswi pun dikontrol sangat ketat oleh wali kelas masing – masing. Wali kelas memastikan bahwa buku yang dibaca tidak mengandung unsur SARA, Romantisme dan Seks serta buku – buku yang dianggap tidak sesuai dengan usia siswa atau siswi tersebut.

Hasil dari pelaksanaan program ini adalah, tak sedikit siswa dan siswi yang mampu menghabiskan 2 – 3 buku dalam sebulan yang buku tersebut memiliki ketebalan 500 – 800 halaman. Sangat menakjubkan bukan ? Kebanyakan dari siswa dan siswi juga membaca buku berbahasa Inggris, yang tentu saja hal ini meningkatkan perbendaharaan kata dan kemampuan untuk membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris.

Pada akhirnya, Sekolah Pribadi Bilingual Boarding School berharap dengan dilaksanakannya program ini, maka akan meningkatkan minat baca dan literasi siswa dan siswi serta guru – guru di sekolah. Serta dapat menyebarkan dan menjadi inspirasi untuk meningkatkan minat baca di kalangan dan tempat tinggal masing – masing. Maka secara tidak langsung, Sekolah Pribadi Bilingual Boarding School Depok, juga turut meningkatkan literasi bagi pelajar di Indonesia.

Share this article

Leave a comment