Science Project Club / Kelompok Proyek Ilmiah

Science Project Club

Kelompok Proyek Ilmiah

Science project club adalah klub  yang mewadahi siswa untuk mengeksplor sains dan  teknologi dalam rangka  mencari solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kegiatan dalam science project ini sejalan dengan  kurikulum 2013 yang mendorong adanya Project based learning atau pembelajaran  berbasis proyek.   Dalam Science project club ini siswa dapat mengasah keterampilan komunikasi dan presentasi, keterampilan manajemen organisasi dan waktu, keterampilan penelitian dan penyelidikan, keterampilan  kepemimpinan dan  yang tak kalah penting adalah  keterampilan berpikir kritis. Dalam Science project club ini siswa diajak untuk membudayakan berpikir tingkat tinggi ( high order thinking /HOT) untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di sekitar mereka. Guru pembimbing akan membantu siswa untuk menemukan topik yang tepat, membimbing siswa untuk membuat karya tulis yang sesuai dengan kaidah ilmiah dan bagaimana siswa melakukan penelitian dengan tahapan yang benar. Siswa akan  dibimbing untuk  mempersiapkan presentasi yang menarik yang nantinya akan  ditampilkan di berbagai kompetisi proyek ilmiah baik nasional maupun internasional.  Adapun  bidang yang dapat dipilih siswa  adalah  fisika, kimia, biologi, teknologi, dan  lingkungan.

Pengalaman Belajar dan Kompetensi yang didapat dari  mengikuti kegiatan Science project club dapat dihubungkan dengan kompetensi Abad 21 yang sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk menghadapi masa depan. Kompetensi tersebut disingkat menjadi 4C yaitu : creative ( berpikir kreatif, collaborative ( bekerjasama), communication ( berkomunikasi), critical thinking ( berpikir kritis).  Pengalaman belajar peserta didik selama pelaksanaan model pembelajaran project based learning antara lain peserta didik diajak untuk mencoba mencari akar penyebab dari  masalah-masalah mulai dari  dalam kehidupan mereka sehari hari sampai permasalahan global.  Peserta didik berlatih berpikir logis, kritis, dan detil, berfikir tentang detil pekerjaan yang harus dilakukan, berfikir asosiatif yakni  menghubungkan satu aspek pekerjaan dengan pekerjaan lainnya, berpikir tentang urutan waktu, belajar membagi tugas sesuai minat. Kaitan antara kegiatan kegiatan dalam science project club, pengalaman  belajar, serta  kompetensi abad 21

Share this article

Leave a comment